Minggu, 15 Maret 2009

PERBEDAAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL

Ciri-Ciri dan Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Pada tumbuhan kelas / tingkat tinggi dapat dibedakan atau dibagi menjadi dua macam, yaitu tumbuh-tumbuhan berbiji keping satu atau yang disebut dengan monokotil / monocotyledonae dan tumbuhan berbiji keping dua atau yang disebut juga dengan dikotil / dicotyledonae. Ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil hanya dapat ditemukan pada tumbuhan subdivisi angiospermae karena memiliki bunga yang sesungguhnya.

Perbedaan ciri pada tumbuhan monokotil dan dikotil berdasarkan ciri fisik pembeda yang dimiliki :

1. Bentuk akar
- Monokotil : Memiliki sistem akar serabut
- Dikotil : Memiliki sistem akar tunggang
2. Bentuk sumsum atau pola tulang daun
- Monokotil : Melengkung atau sejajar
- Dikotil : Menyirip atau menjari
3. Kaliptrogen / tudung akar
- Monokotil : Ada tudung akar / kaliptra
- Dikotil : Tidak terdapat ada tudung akar
4. Jumlah keping biji atau kotiledon
- Monokotil : satu buah keping biji saja
- Dikotil : Ada dua buah keping biji
5. Kandungan akar dan batang
- Monokotil : Tidak terdapat kambium
- Dikotil : Ada kambium
6. Jumlah kelopak bunga
- Monokotil : Umumnya adalah kelipatan tiga
- Dikotil : Biasanya kelipatan empat atau lima
7. Pelindung akar dan batang lembaga
- Monokotil : Ditemukan batang lembaga / koleoptil dan akar lembaga / keleorhiza
- Dikotil : Tidak ada pelindung koleorhiza maupun koleoptil
8. Pertumbuhan akar dan batang
- Monokotil : Tidak bisa tumbuh berkembang menjadi membesar
- Dikotil : Bisa tumbuh berkembang menjadi membesar

A. Contoh tumbuhan monokotil :
- Kelapa, Jagung, Padi, Pinang, Bambu, Tebu, Palem, Durian, Salak, Melinjo, dst.
B. Contoh tumbuhan dikotil :
- Kacang tanah, Mangga, Rambutan, Belimbing, Beringin, Jati, Mahoni,jahe, dst.


MANFAAT KELAPA
Kesemua bahagian pokok kelapa berguna kecuali kemungkinannya bahagian akar dan pokok kelapa mampu menghasilkan sehingga 75 biji kelapa setahun; dengan itu, ia mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Malah, nama pokok kelapa dalam bahasa Sanskrit adalah kalpa vriksha, yang diterjemahkan sebagai "pokok yang membekalkan semua keperluan kehidupan". Kegunaan pelbagai bahagian kelapa termasuk:
batang kelapa boleh dibuat titi serta bahan pembinaan untuk rumah seperti papan, dinding dan lantai
daun kelapa boleh dibuat pembalut makanan
lidi kelapa boleh dibuat penyapu
sabut kelapa boleh dibuat tali
tempurung kelapa boleh diproses menjadi obat nyamuk dan barangan kraftangan
serbut sabut boleh dibuat bahan reput dan kompos dalam pertanian
minyaknya sebagai minyak masak, minyak pelita dan sabun.

MANFAAT JAGUNG
Jagung muda yang biasanya dimasak untuk menjadi makanan yang enak, ternyata punya manfaat lain yaitu sebagai penghilang bercak-bercak hitam pada wajah akibat bekas jerawat atau penyakit cangkrang.

Menghilangkan bercak-bercak hitam dengan jagung yang sudah dihaluskan ini tidak menimbulkan efek sampingan loh... selain jagung mudah didapatkan, harganyapun murah daripada beli obat-obat atau kosmetik yang harganya mahal dan terkadang masih menimbulkan efek samping bagi kulit yang sensitif.






MANFAAT PADI
Selaput biji (Gu ya) berkhasiat untuk mengatasi: lambung dan limpa lemah, tidak nafsu makan, gangguan pencernaan, rasa penuh di dada dan perut, beri-beri serta tangan dan kaki rasa kesemutan, baal.

Tangkai beras berkhasiat untuk mengatasi: rambut kotor dan keguguran. Biji beras berkhasiat untuk mengatasi: demam, diare, gondongan, rematik, keseleo, radang payudara, radang kulit dan bisul.

Akar(No tao ken) berkhasiat untuk mengatasi: Keringat berlebihan, berkeringat spontan dan filariasis.



MANFAAT PINANG
Pinang (Areca catechu L
.) telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu, khususnya buahnya yang digunakan untuk campuran makan sirih. Orang yang makan buah pinang diyakini memiliki gigi yang kuat meski usia telah lanjut.

Tanaman pinang mudah tumbuh di Indonesia. Biasanya tanaman ini ditanam di pekarangan rumah, taman, atau tumbuh di pinggir sungai. Bentuknya yang indah dengan tinggi pohon 10-30 meter memang cocok digunakan untuk penghias. Tak heran jika di ruas-ruas jalan tertentu, tanaman ini banyak ditanam berjejer. Selain untuk keindahan kota, juga bisa berfungsi untuk penghijauan.

Budidaya tanaman ini dilakukan dengan cara menanam bijinya yang sudah cukup masak. Sebelumnya biji itu disemai dan ditanam di plastik (polybag). Saat masih kecil, tanaman pinang bisa digunakan sebagai penghias di dalam rumah. Ketika batangnya sudah makin besar, sebaiknya ditanam di luar rumah.

Pinang memiliki nama yang berbeda di sejumlah daerah. Di Jawa Barat, orang menyebutnya jambe, penang atau wohan. Di Sumatera, tanaman ini memiliki banyak nama. Ada yang mengenalnya sebagai pinang, pineng, pineung, batang mayang, batang bongkah, batang pining, batang pinang, dan boni.

Baik biji, buah, maupun sabutnya bisa dimanfaatkan, khususnya untuk pengobatan. Pengobatan dengan buah tanaman ini sudah cukup terkenal sejak zaman dulu.

Biji pinang bisa untuk mengobati beri-beri, cacingan, perut kembung, luka, diare, serta batuk berdahak. Sedangkan daunnya bisa untuk menambah nafsu makan dan mengobati sakit pinggang. Daun pohon pinang juga banyak dimanfaatkan untuk bungkus makanan. Sementara sabutnya bisa dipakai untuk menyembuhkan beri-beri, sembelit (susah buang air besar), dan gangguan pencernaan.

Buah pinang muda bisa digunakan untuk mengobati luka akibat kecelakaan (benturan, gesekan, tusukan, teriris atau terbakar). Caranya, daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.

Buah pinang muda juga bisa langsung dikunyah dan airnya ditelan. Ini untuk mengobati darah dalam air kencing. Sedangkan jus pinang muda bisa digunakan sebagai obat luar penyakit rabun mata.

Anak yang menderita cacingan bisa disembuhkan dengan tanaman ini. Caranya, siapkan 30 gram serbuk biji pinang lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Air didihan ini kemudian dibiarkan hingga dingin lalu disaring. Air ini lalu diminumkan pada penderita cacingan sekaligus sebelum sarapan pagi.




MANFAAT TEBU
Menurut Ivana, di Jakarta penjual air tebu sudah cukup banyak. Maka, Ivana pun mengambil kesempatan untuk menjual air tebu di Bandung. Jenis minuman ini memang bisa dibilang masih agak jarang di Bandung. Batang tebunya sendiri didatangkan langsung dari Jawa Timur.

Sari tebunya bisa langsung didapatkan karena Ivana menggunakan mesin khusus untuk mendapatkan air tebu. Batang-batang tebu awalnya dibelah-belah menjadi dua bagian. Selepas itu baru dimasukan ke dalam mesin. Mesin inilah yang memeras air tebu hingga hanya tertinggal ampas batangnya.

Cairan yang keluar dari perasan batang akan langsung keluar otomatis melalui kran yang tersambung dengan mesin. Jika tanaman tebunya masih muda maka warna air tebu agak hijau muda sedangkan batang tebu tua akan menghasilkan air perasan tebu yang berwarna lebih tua atau kecoklatan. Untuk mendapatkan satu cup besar sari tebu dibutuhkan batang tebu sebanyak satu setengah batang.

Ivana yang saat ini baru membuka stand tetap di BTC, Jalan Pasteur ini tak hanya menyajikan air tebu dengan rasa original tapi dicampur dengan berbagai rasa. Misalnya dicampur lemon, jahe dan aloe vera atau lidah buaya.

"Biasanya selain yang original yang aloe vera juga banyak diminta. Gumpalan-gumpalan aloe vera yang lembut berpadu dengan air tebu," tuturnya. Untuk awal, disarankan membeli yang original dulu agar bisa merasakan rasa asli dari air tebu. Satu cupnya harganya berkisar antara Rp 6.500-Rp8.500.

Dalam sebuah pamflet di roda Sari Tebu milik Ivana tertera minuman tebu ini mengandung vitamin B2, anti diabetes, meredakan batuk, meredakan panas tinggi, menyembuhkan pegal linu, mengatasi kerusakan gigi juga menghilangkan jantung berdebar. Nah, selain segar ternyata ada manfaatnya juga.



MANFAAT JAHE
Di balik rasanya yang pedas, jahe mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia. Tak heran bila sejak lama dikenal ada wedang (minuman) jahe, permen jahe, atau bandrek (minuman yang mengandung jahe). Jahe juga banyak digunakan sebagai bumbu untuk berbagai jenis masakan atau kue. Manfaat jahe, berdasar sejumlah penelitian, antara lain:
Merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh pun menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan. Akibatnya, tekanan darah menjadi turun.
Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.
Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol diperkirakan juga membantu menurunkan kadar kolesterol.
Memblok serotonin, yaitu senyawa kimia pembawa pesan. Senyawa ini menyebabkan perut berkontraksi, sehigga timbul rasa mual. Misalnya pada orang yang mengalami mabuk perjalanan. Jadi, untuk mencegah mabuk perjalanan, ada baiknya minum wedang jahe sebelum bepergian. Caranya: pukul-pukul jahe segar sepanjang 1 ruas jari, masukkan dalam satu gelas air panas. Beri madu secukupnya, lalu minum. Bisa juga menggunakan sepertiga sendok teh jahe bubuk, atau kalau tahan, makan dua kerat jahe mentah.
Membuat lambung menjadi nyaman, dan membantu mengeluarkan angin. Bisa meringankan kram perut saat menstruasi atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Membantu tubuh melawan pilek dan flu. Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
Jahe merupakan pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren. Caranya, minum wedang jahe 3 kali sehari. Bisa juga minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe saat Anda membuat soto, semur, atau rendang.


Manfaat Kacang Tanah

Beta-sitosterol (SIT), sejenis phytosterol, telah terbukti dapat menahan
pertumbuhan sel-sel kanker sekaligus melindungi seseorang dari penyakit
jantung. SIT mungkin memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar,
prostat dan payudara. Hasil penelitian yang menggembirakan ini dapat
ditemukan dalam Nutrition and Cancer (Vol.38, No.2).

Phytosterol adalah senyawa alami yang dapat ditemukan dalam berbagai jenis
tumbuhan. Bentuk phytosterol yang paling umum adalah
beta-sitosterol,kampesterol, dan stigmasterol, dan ditemukan dalam
konsentrasi tinggi pada beberapa jenis minyak tumbuhan, baik biji-bijian
maupun polong-polongan, seperti kacang tanah. Sama dengan berbagai komponen
tumbuhan lainnya,
phytosterol melindungi seseorang dari penyakit kanker dengan beberapa
cara,termasuk mencegah penyebaran dan merangsang matinya sel-sel tumor,
serta
mengubah beberapa hormon yang penting untuk pertumbuhan sel-sel tumor.

Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam Anticancer Research, dua
kelompok tikus kecil yang ditumbuhi dengan sel-sel kanker payudara manusia
diberi diet phytosterol dan kolesterol. Ukuran tumor pada tikus-tikus yang
mengkonsumsi phytosterol ditemukan 33 % lebih kecil dan 20 % lebih sedikit
menyebar ke kelenjar getah bening dan paru-paru daripada kelompok yang
mengkonsumsi kolesterol. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa phytosterol
yang dapat dengan mudah ditambahkan dalam diet kita, menawarkan suatu cara
yang cukup mudah dan praktis untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran
sel-sel kanker payudara.

Secara tradisional, para peneliti sudah lama melirik manfaat sterol pada
tanaman dalam mencegah penyakit jantung. Ada setumpuk bukti yang
memperlihatkan bahwa konsumsi produk-produk yang mengandung sterol, seperti
SIT, dapat menurunkan kolesterol darah dengan menghalangi penyerapan
kolesterol di usus.

Sebuah studi baru-baru ini dari Penn State University, menunjukkan bahwa
diet yang menyediakan 2-3 porsi kacang tanah atau selai kacang tanah
perhari, yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fats,MUFA),
dapat mengurangi kolesterol darah sebesar 11 - 14%. Diet kacang tanah
juga terlihat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler hingga 21 %
dibanding diet rata-rata orang Amerika, padahal sebuah diet rendah lemak
hanya mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler sebesar 12 %.

Para peneliti dari State University of New York, Buffalo, memeriksa
kandungan SIT pada beberapa produk kacang tanah. Mereka menemukan bahwa
snack kacang tanah mengandung 160 mg SIT/100 gm dan selai kacang tanah biasa
mengandung 157 mg SIT/ 100 gm. Tepung kacang dan minyak kacang tanah
masing-masing mengandung sekitar 56 mg SIT/100 gm dan 198 mg SIT/100 gm.

Kacang tanah juga mengandung bahan kimia resveratrol, yang telah dikaitkan
dengan pengurangan penyakit dan risiko menderita kanker. Resveratrol pertama
kali ditemukan dalam minuman anggur merah. Selain itu kacang tanah dan selai
kacang tanah juga mengandung vitamin E, asam folat, kalium, magnesium, seng,
dan serat, yang semuanya diketahui membawa manfaat untuk kesehatan.



MANFAAT RAMBUTAN

Buah ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin dan saponin. Kulit batang mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

Bagian tumbuhan ini yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan, daun digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut, akar digunakan untuk mengatasi demam, dan biji digunakan untuk mengatasi kencing manis (diabetes mellitus).


MANFAAT BELIMBING

Menderita radang lambung memang merepotkan. Tidak hanya aktivitas keseharian yang terganggu, konsentrasi pekerjaan pun sering berantakan. Ini disebabkan rasa sakit di bagian perut dalam waktu cukup lama.

Di luar pengobatan farmasi, ada cara tradisional yang telah lama digunakan nenek moyang kita untuk mengatasi gangguan perut tersebut. Cara itu murah dan mudah dilakukan, yakni mendayagunakan belimbing manis (Averrhoa carambola), yang selama ini dikenal sebagai belimbing buah.

Di Jawa Tengah, belimbing buah yang cukup terkenal berasal dari Demak. Buahnya besar, rasanya amat manis, dan kandungan airnya cukup banyak, sehingga terasa segar jika dikonsumsi.

Dalam pengobatan tradisional, kita dapat menangguk berbagai manfaat dari belimbing manis. Bagian yang digunakan adalah bunganya, dengan nama simplisia Averrhoa fios; akar (Averrhoa radix); buah, dan daun.

Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, bunga belimbing buah memiliki sifat khas manis dan menetralkan. Adapun buahnya memiliki sifat khas asam, manis, dan menetralkan. Akar dan daunnya bersifat khas asam, kelat, dan menetralkan.

Dengan sifat khas dan kandungan kimia berupa glukosida, vitamin B, dan vitamin C, bunga belimbing manis memiliki khasiat sebagi antipiretik dan ekspektoran. Buahnya berkhasiat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik. Sedangkan akarnya berkhasiat sebagai antiinflasi dan diuretic, serta daunnya sebagai antiinflasi, antipiretik, dan diuretik.

Bunga belimbing manis dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnya, selain untuk penyembuhan batuk, juga digunakan untuk mengatasi .demam, kencing manis, kolestrol tinggi, dan sakit tenggorokan.

Akar untuk sakit kepala dan nyeri persendian (rematik), serta daun untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah (obat luar), dan bisul (obat luar).

Untuk radang lambung, ramuan yang diperlukan adalah enam gram daun belimbing manis, delapan gram rimpang kunyit segar, tujuh gram rimpang temu kunci, dan 110 ml air. Ramuan tersebut dibuat infus atau diseduh, diminum sehari sekali setiap pagi sebanyak 100 ml selama 14 hari. (suaramerdeka)

MANFAAT MANGGA
Mangga Kaya Antioksidan Betakaroten
Gizi.net - Mangga tergolong
kelompok buah “batu” berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, dan
citarasa (aroma-rasa-tekstur) beraneka. Bentuk mangga ada yang bulat
penuh, seperti mangga gedong, dan bulat panjang, seperti mangga
harumanis dan mangga manalagi, Mangga kopek berbentuk bulat pipih,
sedang mangga golek lonjong.

Kendati bentuk, ukuran, warna, dan
citarasa buah mangga beragam. Dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh
berbeda. Mangga ranum segar mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C
41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram. Pada setiap 100 gram
mangga muda, mangga yang masih mentah—terkandung air lebih kurang 84
persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda
rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah
menjadi gula dalam proses pematangan.

Sebagian besar energi
mangga berasal dari karbohidrat berupa gula, yang membuatnya terasa
manis. Kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa.
Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen. Namun, jenis mangga
manis dapat mencapai 16-18 persen.


Antioksidan
Mangga pun
merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten
adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi
yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga
tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan
terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas
adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses
kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan
pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

Di dalam tubuh, mayoritas
radikal bebas berasal dari proses kimia kompleks saat oksigen digunakan
di dalam sel. Radikal-radikal bebas yang secara kimia tidak lengkap
tersebut dapat “mencuri” partikel dari molekul-molekul yang lain.

Ia
kemudian menghasilkan senyawa-senyawa abnormal dan membuat reaksi
berantai yang dapat merusak sel, dengan menyebabkan perubahan mendasar
pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya.
Sederhananya, cara radikal bebas merusak sel-sel tubuh, sama dengan
proses oksigen menyebabkan kertas berubah menjadi kuning atau mentega
menjadi tengik. Zat-zat gizi antioksidan, seperti beta-karoten dan
vitamin C, membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya.

Zat-zat
gizi antioksidan itu terkandung melimpah pada buah mangga. Kandungan
beta-karoten dan vitamin C (beserta kalium, aktivitas vitamin A,
karbohidrat, energi dan air) dari beberapa macam mangga tiap 100 gram
dapat dilihat pada beberapa perpustakaan.


Vitamin C
Di
samping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi
menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi
dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi
natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat
jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Kandungan
vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian
mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg,
mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga
ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil),
kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan
dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.


Kalium dan stroke
Kalium
mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan
kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai
dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan
secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena
stroke.

Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang
menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan
sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40
persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat
mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kalium
terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium
sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran
sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran
sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat
terpenuhi.

Anda yang ingin membeli mangga bisa memilih mangga
yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan aroma
yang manis. Hindarilah memilih buah yang terlalu keras atau terlampau
lembek, memar, atau berbau fermentasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar